UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL SIMULASI PERMAINAN SEPAK BOLA MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATIKRAJA

LISTIANA, SUNDARI (2014) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL SIMULASI PERMAINAN SEPAK BOLA MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUNDARI LISTIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNDARI LISTIANA BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNDARI LISTIANA BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
SUNDARI LISTIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SUNDARI LISTIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SUNDARI LISTIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
SUNDARI LISTIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
SUNDARI LISTIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan keterampilan matematika siswa materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan model simulasi permainan sepak bola matematika. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Patikraja, dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dari dua kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi keaktifan siswa dan tes. Berdasarkan hasil tes individu, keterampilan matematika pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,05 dengan ketuntasan belajar 73,68% dan pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 85,05 dengan ketuntasan belajar 89,47%. Sedangkan pada hasil angket rasa ingin tahu siswa, siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 35,4 dan nilai rata-rata naik menjadi 36,9 pada siklus II. Dari hasil angket rasa ingin tahu tersebut terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model simulasi permainan sepak bola matematika dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan keterampilan matematika siswa kelas IV SDN 2 Patikraja pada semester II tahun Ajaran 2013/2014, kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si.
Uncontrolled Keywords: keterampilan matematika, rasa ingin tahu, model simulasi permainan sepak bola matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:15
Last Modified: 16 Oct 2017 09:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item