PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI DEMOKRASI KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO SEMESTER GASAL 2014-2015

WIJAYANTO, TITIS (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI DEMOKRASI KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO SEMESTER GASAL 2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB IV_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TITIS WIJAYANTO_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Kewaranegaraan selama ini lebih menekankan dampak instruksional yang terbatas pada penguasaan materi atau hanya menekankan pada dimensi kognitif saja. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang lebih bersifat klasikal. Sehingga, berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Role Playing pada materi demokrasi di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklusnya meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran role playing. Hal ini dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa pada pretest mencapai ketuntasan belajar sebanyak 20%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 66,6%, dan pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat lebih baik lagi hingga mencapai presentase ketuntasan belajar 86,6%, peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebanyak 23%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ratna Kartikawati, SH., M.Hum dan Elly Hasan Sadeli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Role Playing
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Jan 2017 01:38
Last Modified: 20 Jan 2017 01:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item