NUGROHO, INDRA AMBAR (2014) ANALISIS, JENIS, LETAK DAN FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIMANAH MELALUI TES DIAGNOSTIK TAHUN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
INDRA AMBAR NUGROHO COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
INDRA AMBAR NUGROHO BAB I.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
INDRA AMBAR NUGROHO BAB II.pdf Download (855kB) | Preview |
|
![]() |
Text
INDRA AMBAR NUGROHO BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
|
![]() |
Text
INDRA AMBAR NUGROHO BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
INDRA AMBAR NUGROHO BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
|
Text
INDRA AMBAR NUGROHO DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) | Preview |
|
![]() |
Text
INDRA AMBAR NUGROHO LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kalimanah dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan objek-objek dalam matematika adalah (a) di dalam penguasaan fakta, masih ditemukan siswa yang mengalami kesalahan dalam menuliskan kesepakatan matematika dengan benar dengan persentase 4,166%. (b) kesalahan yang paling banyak dalam penguasaan konsep adalah menterjemahkan soal ke dalam kalimat matematika dengan persentase 75%. (c) di dalam penguasaan operasi, siswa masih mengalami kesalahan menggunakan prosedur yang tepat dengan persentase 72,916%. (d) di dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengenali kapan suatu prinsip diperlukan dengan persentase 62,5%. (2) letak kesulitan belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kalimanah adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa terletak pada soal tes diagnostik nomor 4 dan 10 yaitu pada indikator menyelesaikan operasi hitung pembagian bentuk aljabar dan menyatakan masalah sehari-hari dalam kalimat dengan persentase sebesar 75%. (3) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa SMP Negeri 3 Kalimanah dalam mempelajari operasi hitung aljabar, peneliti menggunakan angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari angket adalah kesulitan belajar yang paling dominan adalah faktor kesehatan. Dari wawancara adalah kesulitan belajar dari faktor intern, yaitu minat siswa, bakat, motif, kesiapan dan dari faktor ekstern, yaitu metode guru mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Eko Subekti, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | aljabar, jenis, letak, faktor penyebab kesulitan belajar, tes diagnostik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Danarto Kh |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 05:23 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 05:23 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |