PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MATERI PENINGGALAN SEJARAH DARI MASA HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 JETIS

NOVITASARI, FAJAR (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MATERI PENINGGALAN SEJARAH DARI MASA HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 JETIS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
BAB IV_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FAJAR NOVITASARI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Jetis di lakukan dari masalah rendahnya rasa ingin tahu dan rendahnya prestasi belajar siswa, serta siswa dalam pembelajaran masih pasif, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Jetis yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data mengenai rasa ingin tahu siswa digunakan lembar skala sikap sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian skala sikap rasa ingin tahu siswa diperoleh rata-rata 3,52 pada siklus I dengan dan meningkat menjadi 4,8 pada siklus II. Berdasarkan penilaian perstasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 61,90% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata 75,86 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Dengan demikian disimpulkan bahwa model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Jetis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Pamujo, M.M.,M.Pd., dan Drs. Sri Harmianto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPS, Kooperatif tipe Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:01
Last Modified: 16 Oct 2017 01:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item