PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

CAHYANINGSIH,, DYAH WIWIT (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada mata pelajaran IPA materi Biologi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banyumas telah dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa pada mata pelajaran IPA materi Biologi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banyumas yang terdistribusi dalam 9 kelas. Penentuan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling . Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dasar siswa yang meliputi kemampuan mengamati objek biologi, menafsirkan hasil pengamatan, mengelompokkan, mengajukan hipotesis dan mengkomunikasikan hasil menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada semua kemampuan, dengan tingkat hubungan yang cukup. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata- rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 78,39 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 71,89. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada mata pelajaran IPA materi Biologi berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran , I nkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Keterampilan Proses Sains Dasar, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Oct 2017 02:59
Last Modified: 14 Oct 2017 02:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item