UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN PAPERCRAFT BENTUK BURUNG PADA ANAK KELOMPOK A3 TK IT ANNIDA SOKARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014

OLIFIA, GEGE ADILFI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN PAPERCRAFT BENTUK BURUNG PADA ANAK KELOMPOK A3 TK IT ANNIDA SOKARAJA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GEGE ADILFI OLIFIA COVER.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GEGE ADILFI OLIFIA BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GEGE ADILFI OLIFIA BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
GEGE ADILFI OLIFIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
GEGE ADILFI OLIFIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
GEGE ADILFI OLIFIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
GEGE ADILFI OLIFIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
GEGE ADILFI OLIFIA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjudul “upaya meningkatkan kreativitas anak melalui metode bermain papercraft bentuk burung pada kelompok A3 TK IT ANNIDA Sokaraja semester genap tahun ajaran 2013-2014”. Memiliki tujuan penelitian untuk meningkatkan kreativitas anak dengan metode bermain papercraft bentuk burung di kelompok A3 TK IT Annida Sokaraja semester genap tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini memiliki subjek 19 siswa yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Proses penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan persiklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskripsi kualitatif. Selain untuk mengembangkan kreativitas anak, penelitian ini juga bertujuan untuk melatih anak memecahkan permasalahan dikehidupan sehari-hari agar anak tidak mudah menyerah dan untuk melatih visual-spasial anak dalam koordinasi mata dan tangan untuk perkembangan kemempuan yang lainnya. Hasil perkembangan setelah diperkenalkan permainan papercraft bentuk burung menunjukan terdapat peningkatan perkembangan kreativitas, pada kondisi awal terdapat 9 anak atau 47.36% Belum Berkembang, 6 anak atau 31.57% Mulai Berkembang, 4 anak atau 21.05% Berkembang Sesuai Harapan dan 0 anak atau 0% anak Berkembang Sangat Baik. Setelah diadakan perbaikan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan tiga kali pertemuan pada siklus I, perkembangan kreativitas anak meningkat yaitu terdapat terdapat 0 anak atau 0% anak yang Belum Berkembang, 7 anak atau 36.84% anak Mulai Berkembang, 12 anak atau 63.15% anak Berkembang Sesuai Harapan dan 0 anak atau 0% anak Berkembang Sangat Baik. Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan tiga kali pertemuan pada siklus II. Setelah diadakan perbaikan perkembangan kreativitas anak semakin meningkat, terdapat 0 anak atau 0% yang belum berkembang, 2 anak atau 10.52% anak Mulai Berkembang, 5 anak atau 26.32% anak Berkembang Sesuai Harapan, dan 12 anak atau 63.16% Berkembang Sangat Baik. Dilaksanakan perbaikan berupa tindak lanjut pendekatan kelas pada 2 siswa yang mulai berkembang karena hasil perbaikan kegiatan memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan secara baik maka minat anak untuk mengikuti pembelajaran semakin meningkat. Dilakukan bimbingan dari guru dan perhatian orang tua guna mengamati tiap peningkatan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Johni Dimyati, MM dan Yuki Widiasari, S.Sos. MA
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kreativitas, Metode Bermain, Papercraft
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:34
Last Modified: 13 Oct 2017 04:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item