UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDABOWA

MAHARANI, FEBI (2014) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDABOWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FEBI MAHARANI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBI MAHARANI BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FEBI MAHARANI BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
FEBI MAHARANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
FEBI MAHARANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FEBI MAHARANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
FEBI MAHARANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
FEBI MAHARANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara menujukkan masih kurangnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sidabowa mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Permasalahan yang ada harus diatasi berkaitan dengan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar matematika. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar mata pelajaran matematika materi bangun ruang melalui modelPembelajaran Van Hiele. Subjek peneliti adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sidabowa dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, dimana 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari guru dan siswa, lembar sikap dan tes. Data hasil perilaku rasa ingin tahu siswa diperoleh dari lembar skala sikap yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data hasil prestasi siswa diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian perilaku rasa ingin tahu siswa diperoleh persentase rasa ingin tahu siswa berkaitan dengan materi di peroleh nilai rata-rata siklus I sebesar 50,34% dan siklus II sebesar II sebesar 53,32%, sedangkan nilai presentasi belajar diperoleh persentase nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 80,54% dan siklus II sebesar 88,51%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sidabowa dapat ditingkatkan melalui penerapan model Van Hiele.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Drs. Sony Irianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, dan Model PembelajaranVan Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:30
Last Modified: 13 Oct 2017 04:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item