PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) KECAMATAN PURWOJATI

ISNAININGSIH, DWI NUR (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) KECAMATAN PURWOJATI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI NUR ISNAININGSIH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI NUR ISNAININGSIH BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI NUR ISNAININGSIH BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
DWI NUR ISNAININGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI NUR ISNAININGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI NUR ISNAININGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
DWI NUR ISNANINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Tujuan penelitian ini antara lain : untuk mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi bangun ruang sderhana di kelas IV Sekolah Dasar (SD), mengetahui respon guru dan siswa terhadapa pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi bangun ruang sderhana di kelas IV Sekolah Dasar, mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi bangun ruang sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikemukakan Thiagarajan , dimodifikasi. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran bahwa media pembelajaran mendapatkan kriteria “sangat valid” (4,6), respon guru pada tahap uji coba mendapat kriteria “setuju” (4,17), sedangkan respon guru pada tahap uji pengembangan mendapat kriteria “sangat setuju” (4,41). Respon siswa pada tahap uji coba mendapat kriteria “sangat tinggi/sangat baik” (97,39 %), sedangkan respon pada tahap uji pengembangan mendapat kriteria “sangat tinggi/sangat baik” (97,08). Sehingga, media pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi bangun ruang sederhana di kelas IV dapat digunakan dama kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, multimedia dan model pengembangan 4-D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:41
Last Modified: 13 Oct 2017 03:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item