UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ROUND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN) DI KELAS V SDN 2 GUNUNG JAYA

PURNAMASARI, DIAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ROUND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN) DI KELAS V SDN 2 GUNUNG JAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN PURNAMASARI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PURNAMASARI BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN PURNAMASARI BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
DIAN PURNAMASARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIAN PURNAMASARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIAN PURNAMASARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
DIAN PURNAMASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
DIAN PURNAMASARI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kolaboratif tipe Round Robin (Merespon Bergiliran). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 3 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas 5 SD Negeri 2 Gunung Jaya, berjumlah 40 peserta didik yang terdiri dari 24 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan evaluasi dan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi psikomotor dan afektif untuk aspek komunikasi peserta didik. Analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 70 dan ketuntasan secara klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran tipe Round Robin (Merespon Bergiliran) dapat meningkatkan komunikasi (aspek psikomotor) peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata setiap indikator dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Siklus I ketuntasan secara klasikal adalah 71%. Pada siklus II ketuntasan secara klasikal 76,06% dan siklus III ketuntasan klasikal 85,75%. Model pembelajaran tipe Round Robin (Merespon Bergiliran) juga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluasi peserta didik dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata siklus I yaitu 76,75 dan ketuntasan secara klasikal adalah 77,5%. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 78,87 dan ketuntasan secara klasikal 82,5% dan siklus III nilai rata-rata yaitu 80,07 dan ketuntasan klasikal 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM.M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Prestasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Pembelajaran Kolaboratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:31
Last Modified: 13 Oct 2017 03:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item