PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SOAL DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI SINDANGSARI 01 MAJENANG

NIMAH,, OKVIRANI TSANIYATUN (2014) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SOAL DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI SINDANGSARI 01 MAJENANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh kemampuan pemahaman membaca soal dan kemampuan menyelesiakan soal cerita matematika terhadap prestasi belajar matematika dilaksanakan di SD Negeri Sindangsari 01 Majenang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) pengaruh antara kemampuan pemahaman membaca soal dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita (2) pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan prestasi belajar matematika (3) pengaruh antara kemampuan pemahaman membaca soal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika terhadap prestasi belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri Sindangsari 01 Majenang dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan soal bentuk soal cerita dan dokumentasi hasil ulangan harian siswa. Perhitungan data analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemahaman membaca soal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan prestasi belajar matematika. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemahaman membaca soal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitunganŶ = a + bX1 = 53,03 + 0,27 X1 dan Fhitung> Ftabelatau 6,66 > 4,20, Ŷ = a + bX = 15,58 + 0,90 X1 dan Fhitung> Ftabelatau 98,89> 4,48 dan Ŷ = 4,73 + 0,19X1+ 0,85X2 dan Fhitung> Ftabelatau 86,48 > 3,35 atau terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H Enuh Zainuddin, M.A, dan Santhy Hawanti, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman membaca soal, kemampuan menyelesaikan soal cerita, prestasi belajar, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:21
Last Modified: 10 Oct 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item