UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DENGAN PENGUATAN PEMBERIAN NILAIANGKA PADA KEGIATAN PRESENTASI KELOMPOK DI KELAS IVASD NEGERI MENGANTI RAWALO

NDARI,, DONA EMBUN WULAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DENGAN PENGUATAN PEMBERIAN NILAIANGKA PADA KEGIATAN PRESENTASI KELOMPOK DI KELAS IVASD NEGERI MENGANTI RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan penguatan pemberian nilai angka pada kegiatan presentasi kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus mengacu design Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & Mc Taggart(1981). Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Menganti yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Tahapan pada setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket partisipasi siswa, lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, serta wawancara. Data partisipasi siswa diperoleh dengan menggunakan lembar angket partisipasi siswa pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan penguatan pemberian nilai angka pada kegiatan presentasi kelompok dapat meningkatkanpartisipasi siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi siswa pada siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa sebesar 67,21% sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa sebesar 75,79%. Partisipasi siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil angket partisipasi siswa pada siklus I sebesar 55,57% dengan kriteria baik menjadi 72,02%dengan kriteria sangat baik pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Drs. H. Enuh Zainuddin, M.A.,
Uncontrolled Keywords: partisipasi, penguatan nilai angka, presentasi kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:48
Last Modified: 10 Oct 2017 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item