STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN SAVI DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X OLAHRAGA SMA N 3 PURWOKERTO

RAHMATIN, FIKI ADI (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN SAVI DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X OLAHRAGA SMA N 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB IV_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FIKI ADI RAHMATIN_MATEMATIKA'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran SAVI dan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen posttest only dengan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol yang telah dipilih dengan pertimbangan tertentu (sampling purposive). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto, dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran SAVI dan seluruh siswa dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran langsung. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalahindependent sample t-test (uji-t). Dari hasil post-test tersebut dengan α=0,05 menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar yang cukup signifikan antara prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran SAVI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Hal itu ditunjukkan dengan hasil dari SIG/2<α yaitu 0,000 < 0,05 dan t hitung > tα yaitu 3,884 > 2,001 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran SAVI lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, S.Si, M.Si. dan Anton Jaelani, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran SAVI, pembelajaran langsung, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 19 Jan 2017 06:53
Last Modified: 19 Jan 2017 06:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item