PERANAN PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DALAM PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

AWALUDIN, ZULFIKAR (2012) PERANAN PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DALAM PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ZULFIKAR AWALUDIN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB I.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ZULFIKAR AWALUDIN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terkikisnya rasa nasionalisme sekarang ini melanda anak didik di sekolah, hampir di setiap jenjang sekolah, ketika dilaksanakan upacara bendera para siswa tidak melaksanakan dengan khidmat dan tertib. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena siswa merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu menjadi manusia yang berkualitas yang memiliki semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi. Untuk membentuk rasa nasionalisme ini, peranan mata pelajaran yang berkaitan dengan kebangsaan sangat dibutuhkan, khususnya mata pelajaran IPS Sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran IPS Sejarah dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa. Peneliti kemudian merinci menjadi tiga sub tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS Sejarah pada siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran IPS Sejarah dalam peningkatkan sikap nasionalisme siswa serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran IPS Sejarah dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kesimpulan umum, yaitu pembelajaran IPS Sejarah mempunyai peran penting dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan materi-materi pembelajaran IPS Sejarah yang mengarah pada peningkatan sikap nasionalisme siswa yang bersumber pada nilai-nilai luhur perjuangan bangsa dan pelestarian budaya bangsa. Selain itu pemanfaatan sumber belajar, media dan metode pembelajaran, sarana dan prasarana yang mendukung didalam kelas secara optimal mampu memberikan peranan penting dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suwarno, M.Si. dan Arifin Suryo Nugroho, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS, Sikap Nasionalisme, Sekolah Menegah Pertama
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Oct 2017 06:16
Last Modified: 09 Oct 2017 06:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item