PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI I SUDAGARAN

SETIAWAN, ANDI (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI I SUDAGARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANDI SETIAWAN COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANDI SETIAWAN BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANDI SETIAWAN BAB II.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
ANDI SETIAWAN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
ANDI SETIAWAN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ANDI SETIAWAN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
ANDI SETIAWAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
ANDI SETIAWAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

Minat belajar siswa SD Negeri I Sudagaran pada pembelajaran IPA masih rendah yaitu kurang antusias siswa dalam belajar, kurang perhatian siswa terhadap pembelajaran, sehingga menyebabkan pada prestasi belajar siswa yang rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Sudagaran Banyumas Tahun Pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan indikator yang berbeda. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 64 dengan presentase ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diketahui bahwa rata-rata nilai awal (pra siklus) 63,31. Sedangkan rata-rata nilai tes akhir siklus I 71,57 dan nilai rata-rata tes akhir siklus II adalah 83,95. Sedangkan hasil skor rata-rata angket minat siklus I adalah 27,23 meningkat menjadi 30,89 pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran koopertif tipe STAD dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri I Sudagaran Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi,
Uncontrolled Keywords: minat; prestasi belajar; kooperatif; STAD;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:46
Last Modified: 19 Jan 2017 02:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item