PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan Nilai-Nilai dan Metode)

MARIFATI, LILIS (2017) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan Nilai-Nilai dan Metode). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak usia dini dan metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di lingkungan keluarga dalam perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dalam prosesnya melakukan penelaahan dan penelusuran literatur buku-buku kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan menggunakan sumber data langsung (primer) dan sumber data tak langsung (sekunder). Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif dan deduktif, serta menggunakan metode kajian isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif pendidikan Islam, nilai-nilai pendidikan karakter yang di tanamkan pada anak usia dini di lingkungan keluarga, mencakup : (1) keimanan dan ketaktawaan, (2) kejujuran, (3) disiplin, (4) percaya diri, (5) tanggung jawab, (6) keadilan, (7) sopan santun, (8) pemaaf, (9) sabar, (10) peduli. Metode yang digunakan, meliputi : (1) metode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode bermain, (4) metode cerita, (5) metode nasihat, (6) metode penghargaan dan hukuman. Dari metode tersebut yang paling tepat adalah metode keteladanan, karena berkaitan dengan karakteristik anak usia dini bahwa ia suka meniru. Ia akan meniru apa yang dilihat, didengar, dirasa dan dialami, maka karakternya akan terbentuk sesuai dengan pola asuh orangtua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Zakiyah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:01
Last Modified: 09 Oct 2017 02:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4613

Actions (login required)

View Item View Item