PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARASIKAN HASIL WAWANCARA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI I KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2009-2010

PURWATI, ENI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENARASIKAN HASIL WAWANCARA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI I KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ENI PURWATI COVER.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENI PURWATI BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENI PURWATI BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
ENI PURWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
ENI PURWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ENI PURWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
ENI PURWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
ENI PURWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menarasikan Hasil Wawancara Dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan Dan Inkuiri Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Kalibagor Tahun Pelajaran 2009-2010” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi dari teks wawancara siswa kelas VII B SMP Negeri I Kalibagor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri I Kalibagor yang terdiri dari 38 siswa. Proses penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan dua jam pelajaran (2X40 menit). Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes terdiri dari pre test dan post test, sedangkan non test yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi untuk aktivitas siswa dan guru. Sedangkan analisis datanya secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Setiap pembelajaran menulis narasi dari teks wawancara melalui pendekatan kontekstual dengan menerapkan 2 komponen Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu pemodelan dan inkuiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pre test nilai rata-rata kelas 55,37 dan yang mencapai tuntas belajar 6 siswa atau 15,78%. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan menerapkan 2 komponen yaitu pemodelan dan inkuiri. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 58,98, dan yang mencapai tuntas belajar 14 siswa atau 37,83%. Kemudian pada siklus II nilai ratarata kelas lebih meningkat lagi menjadi 70,13, dan yang tuntas belajar 30 siswa atau 78,94%. Jadi, kemampuan menulis narasi dari teks wawancara menggunakan pendekatan kontekstual dengan menerapkan 2 komponen yaitu pemodelan dan inkuiri pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Kalibagor menunjukan adanya peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd. dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN KEMAMPUAN; MENARASIKAN HASIL; WAWANCARA; PENDEKATAN KONTEKSTUAL; KOMPONEN PEMODELAN; INKUIRI;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:17
Last Modified: 19 Jan 2017 02:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item