PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK X DAN Y DI KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

AWALITA NURVINDA APRIYANI, (2017) PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK X DAN Y DI KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB III.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - DAFTAR PUSTRAKA.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
Awalita Nurvinda Apriyani - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

x ABSTRAK Kualitas layanan farmasi dan pelayanan kefarmas ian yang baik harus terus dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dan meningkat. Meningkatnya jumlah usaha apotek menyebabkan meningkatnya persaingan antar apotek dalam memperebutkan konsumen. Guna meningkatkan kualita s layanan farmasi dan pelayanan kefarmasian, perlu adanya strategi yang sesuai serta pembenahan internal dan eksternal secara terus menerus baik segi fisik maupun non fisik. Oleh karena itu perlu adanya analisis terhadap keadaan apotek saat ini dalam suatu analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat) agar pihak manajemen apotek dapat menyusun strategi selanjutnya untuk memenangkan persaingan pasar dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan kefarmasian di apotek sehingga dapat menganalisi s strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan faktor lingkungan internal dan eksternal apotek. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional. Dengan menggunakan rancangan cross sectional melalui pendekatan metode gabungan (mixed methods). Analisis untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI) dan analisis strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan besarnya angka index kepuasan pelanggan Apotek X sebesar 78,71%. Tingkat kepuasan ini berada pada level “puas” (66% - 80%). Dan index kepuasan Apotek Y sebesar 79,91%, tingkat kepuasan ini juga berada pada level “puas”. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa Apotek X dan Y berada pada kuadran I, ( Growth oriented strategy). Stren gth posture dan competitive posture Apotek X = 0,594 dan 0,301 dan Strength posture dan competitive posture pada Apotek Y = 0,438 dan 0,633. Index kepuasan pelanggan Apotek X dan Y berada pada level “Puas”. Alternatif strategi pemasaran yang dipilih adalah strategi SO yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar -besarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Wahyu Utaminingrum, M.Sc., Apt. 2.
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Alternatif Strategi, Strategi Pemasaran Apotek, Kepuasan Pasien, CSI.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 05 Oct 2017 00:53
Last Modified: 05 Oct 2017 00:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item