UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRES TAS BELAJAR SISWA MELALUI M ETODE ROLE PLAYING PADA MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V S EKOLAH DASAR

SATRIADI,, TULUS (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRES TAS BELAJAR SISWA MELALUI M ETODE ROLE PLAYING PADA MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V S EKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk peningkatan percaya diri dan prestasi belajar IPS melalui metode pembelajaran Role Playing siswa kelas V (Lima) SD Negeri 1 Pandak . Subjek penelitian adalah kelas V (L ima) SD Negeri 1 Pandak, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas sebanyak 21 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, s etiap siklus terdiri 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi p erencanaan, pelaksanaan , observasi, d an refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes . Teknik tes dengan evaluasi dan non tes dengan observasi, dokumentasi, angket. Hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari evaluasi, peningkatan rasa percaya diri menggunakan lembar an gket da n data aktivitas guru dan siswa. Be rdasarkan hasil penelitian, rasa percaya diri siswa pada siklus I diperoleh rata -rata 2,89 dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata -rata 3,28 dengan kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata -rata 66,10 dengan persentase ketuntasan 61,19 % dengan kriteria cukup dan sik lus II diperoleh rata - rata 82,01 dengan persentase ketuntasan 95,23 % deng an kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa materi Menghargai Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di kelas V (Lima) SD Negeri 1 Pandak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Dhi Bramasta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Prestasi Belajar, Metode Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 03 Oct 2017 01:22
Last Modified: 03 Oct 2017 01:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item