IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS EDUTAINMENT KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

ISTIKOMAH, AENI (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS EDUTAINMENT KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB IV_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penerapan variasi strategi dalam pembelajaran menjadi hal yang penting dalam menjadikan pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan. SD Muhammadiyah 1 Purbalingga merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis edutainment dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas II, 2) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas, 3) mengetahui solusi yang dilakukan ketika memperoleh hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kelas II di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga telah melaksanakan program pembelajaran langsung berbasis edutainment dan berjalan secara optimal, 2) pembelajaran di kelas ketika guru menyampaikan kurang jelas maka proses pembelajaran juga berjalan kurang optimal sedangkan di luar kelas kurang maksimalnya guru pendamping dalam mengondisikan peserta didik karena area yang luas dan peserta didik terlalu menkmati kondisi lingkungan sehingga konsep pembelajaran kurang tersampaikan secara maksimal, 3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan yaitu melalui kegiatan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran langsung selesai dan memiliki rencana cadangan untuk sewaktu-waktu jika pembelajaran terlaksana kurang maksimal

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: edutainment, pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis edutainment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:09
Last Modified: 02 Oct 2017 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

View Item View Item