PENGALAMAN PERAWAT TENTANG KUALITAS DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT INAP RS EMANUEL KLAMPOK BANJARNEGARA

NOVIATI, BERNADETTA EKA (2011) PENGALAMAN PERAWAT TENTANG KUALITAS DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI UNIT RAWAT INAP RS EMANUEL KLAMPOK BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BERNADETTA EKA NOVIATI COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BERNADETTA EKA NOVIATI BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BERNADETTA EKA NOVIATI BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BERNADETTA EKA NOVIATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BERNADETTA EKA NOVIATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BERNADETTA EKA NOVIATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
BERNADETTA EKA NOVIATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
BERNADETTA EKA NOVIATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Latar lelakang: Pendidikan kesehatan bagi pasien selalu diperlukan untuk pasien selama dalam masa perawatan mereka di rumah sakit. Untuk menjalankan perannya sebagai edukator tersebut perawat harus memahami tentang pendidikan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengalaman perawat tentang kualitas dalam memberikan pendidikan kesehatan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Emanuel, Banjarnegara, Jawa Tengah. Metoda: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Melibatkan 6 partisipan sebagai objek penelitian. Pemilihan partisipan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam (Indept Interview). Hasil: Penelitian ini menemukan pengalaman perawat yang berbeda-beda dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien. Kualitas pendidikan kesehatan yang dilakukan perawat dapat diketahui dari pemahaman perawat tentang pengertian penkes adalah penyuluhan kesehatan kepada pasien, keluarga dan masyarakat tentang segala sesuatu yang terkait dengan kesehatan. Manfaat pendidikan kesehatan bagi pasien antara lain adalah meningkatkan pengetahuan pasien, membantu mencapai kesembuhan yang optimal, dan meningkatkan kepuasan pasien. Manfaat pendidikan kesehatan bagi perawat yaitu meningkatkan pengetahuan perawat, dan meningkatkan kepuasan kerja bagi perawat. Hambatan dalam memberikan pendidikan kesehatan diantaranya adalah pendidikan rendah, budaya pasien, dan kepribadian pasien. Hambatan dari perawat yaitu, keterbatasan perawat dalam berkomunikasi, motivasi pribadi perawat yang kurang, banyaknya pekerjaan dan pasien, sibuk, malas, dan kurangnya dukungan dari pihak manajemen. Kesimpulan: Salah satu peran perawat yaitu educator. Peran ini dapat dilakukan oleh perawat dengan cara memberikan pendidikan kesehatan baik bagi individu, keluarga maupun masyarakat. Kualitas tentang pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh perawat dapat dinilai dari pemahaman perawat tentang pengertian, manfaat, pendukung, dan hambatan dalam pemberian pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Kris Linggardini, S.Kp, M.Kep PEMBIMBING II: Hj. Yulianti Suswari S.Kp
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengalaman, perawat , kualitas, pendidikan kesehatan
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:51
Last Modified: 02 Oct 2017 03:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item