PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

DIANA,, PURBANING WAHYU (2017) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi penggunaan Bahasa I ndonesia oleh guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga guru, yaitu guru kelas II, guru kelas III, dan guru kelas V SD Negeri 1 Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan purposive sample (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap guru responden saat pembelajaran dan wawancara pada guru responden. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi dan wawancara yang silakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa guru masih belum konsisten dalam menggunakan Bahasa Indonesia saat pembelajaran karena terdapat campur kode. Penyebab terjadinya campur kode adalah untuk menyesuaikan bahasa siswa, memudahkan pemahaman kepada siswa, dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan siswa. Upaya guru dalam mendorong siswa berbahasa Indonesia antara lain dengan menggunakan Bahasa Indonesia lebih intensif dalam pembelajaran di kelas serta memberikan contoh dan anjuran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, campur kode, guru, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 08:42
Last Modified: 30 Sep 2017 08:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item View Item