PERANAN GURU ASISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEMBARAN BANYUMAS

SUKMA,, OKTAPIA PUTRI AYU (2017) PERANAN GURU ASISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEMBARAN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

Sadtyadi (2014:291) mengatakan bahwa berdasarkan tugas pokok dan fungsi guru sekolah dasar, yang relatif berbeda dengan guru yang lainnya, guru sekolah dasar khususnya guru kelas memiliki peran yang lebih komplek dibanding dengan guru pada jenjang pendidikan lainnya. Tugas seorang guru dalam proses pembelajaran tidak hanya mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas, terutama dengan tugas guru di kelas rendah. Siswa kelas rendah memiliki karakteristik yang berbeda dengan kelas tinggi, pada kelas I sekolah dasar guru harus selalu memperhatikan setiap perkembangan siswanya, karena siswa kelas I adalah masa peralihan dari TK ke SD, jadi akan selalu membutuhkan arahan dan bimbingan terutama ketika siswa sedang mengalami kesulitan belajar. Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam proses pembelajaran. Guru dituntut mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan dalam rangka mencapai keberhasilan belajar, maka untuk memudahkan dan membantu guru kelas dalam proses pembelajaran diadakanlah guru asisten. Guru asisten di sini adalah seorang guru honorer yang membantu guru kelas dalam proses pembelajaran di sekolah dasar non inklusi. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan guru asisten dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Kembaran Banyumas. Secara khusus untuk mengetahui bagaimana peran guru asisten dalam proses pembelajaran di kelas I SD UMP, dan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran tanpa guru asisten di kelas I SDN 4 Dukuhwaluh. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian ini ialah guru kelas I SD UMP dan SDN 4 Dukuhwaluh, kepala sekolah SD UMP dan SDN 4 Dukuhwaluh, serta guru asisten kelas I SD UMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru asisten dalam proses pembelajaran di kelas I sekolah dasar diperlukan untuk mem bantu guru kelas dalam mengawasi siswa, mengkondisikan kelas, membantu siswa yang mengalami keterlambatan belajar, serta dapat menggantikan tugas guru kelas dalam mengajar saat guru kelas sedang berhalangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Aji Heru Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Guru Asisten, Proses Pembelajaran, Kelas I Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 06:18
Last Modified: 30 Sep 2017 06:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item