POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 PAGERAJI

PRATIWI,, NUR INDAH (2017) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tugas pokok Kepala Sekolah adalah sebagai pemimpin. Kemampuan Kepala Sekolah sebagai pemimpin dianalisis melalui kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi. Setiap pemimpin memiliki kepemimpinan, upaya dan kendala yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh dalam konteks khusus yang alamiah mengenai pola kepemimpinan Kepala Sekolah. Tujuan dari penelitian antara lain untuk mengetahui pola kepemimpinan yang dilakukan, mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah. Berdasarkan data yang dikumpulkan, maka pola kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Sekolah adalah demokratis. Dengan beberapa tambahan beberapa keputusan adalah hasil pertimbangan secara perseorangan dengan mendapat persetujuan bersama dan kesempatan berinisiatif dan berkreasi tetap memiliki batasan. Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah diantaranya, menciptakan kerjasama tim, menumbuhkan sikap kedisiplinan dalam bekerja, membantu dalam meningkatkan profesionalitas guru, menyelenggarakan program-program yang bertujuan untuk mengembangkan diri siswa, dan pemenuhan sarana prasarana dan fasilitas sekolah. Kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah , antara lain Kepala Sekolah merasa minat maupun kedisiplinan peserta didik masih rendah dan Kepala Sekolah merasa dukungan dari masyarakat sekit ar sekolah masih kurang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pola Kepemimpinan, Upaya, Kendala, Mutu Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 06:10
Last Modified: 30 Sep 2017 06:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item