PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK LIMA E TERHADAP TANGGUNGJAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 1 KARANGTENGAH

RAHAYU,, NOVI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK LIMA E TERHADAP TANGGUNGJAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif teknik lima E terhadap tanggungjawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Karangtengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre test post test control group desain . Sampel pada penelitian ini iala h kelas IV A dengan jumlah 23 siswa dan kelas IV B dengan jumlah 20 siswa . Kelas IV B sebagai kelompok ek sperimen dan kela s IV A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data tanggungjawab siswa dilakukan dengan teknik angket , sedangkan pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan post test . Data yang telah dip eroleh kemudian dianalisis untuk diuji hipotesis dengan menggunakan uji t . Taraf signifikansi yang digunakan ialah 0,05 dengan dk n 1 + n 2 – 2 atau 20 + 23 – 2. Berdasarkan hasil perhitungan uji t pada data angket tanggungjawab siswa dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,63 > 2,020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik pada model pembelajaran kolaboratif teknik lima E terhadap tanggungjawab siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN 1 Karangtengah. Hasil perhitungan uji t pada data pos t test diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,77 > 2,020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik pada model pembelajaran kolaboratif teknik lima E terhadap prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN 1 Karangtengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd dan Yudha Febrianta, M. Or
Uncontrolled Keywords: Model Kolaboratif Teknik Lima E , T anggungjawab, Prestasi Belajar, IPS .
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 05:37
Last Modified: 30 Sep 2017 05:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item