DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA DI SMP NEGERI 3 BANYUMAS

TANZANI,, MUHAMMAD AFIF (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA DI SMP NEGERI 3 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan spasial siswa di SMP Negeri 3 Banyumas. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 3 Banyumas pada tanggal 22 April s.d. 6 Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskript if kualitatif . Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Subyek penelitian ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok kecerdasan spasial tinggi, kelompok kecerdasan spasial sedang, da n kelompok kecerdasan spasial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Siswa kelompok kecerdasan spasial tinggi mampu menguasai enam indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, menemukan pola untuk membuat generalisasi, menarik kesimpulan dari pernyataan, membuktikan kebenaran suatu solusi, melakukan manipulasi matematika, dan memeriksa kesahihan suatu argumen; (2) Siswa kelompok kecerdasan spasial sedang mampu menguasai empat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, menemukan pola untuk membuat generalisasi, melakukan manipulasi matematika, dan memeriksa kesahihan suatu argumen; dan (3) Siswa kelompok kecerdasan spasial rendah mampu menguasai tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, menarik kesimpulan dari pernyataan, dan melakukan manipulasi matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing Pembimbing: Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Spasial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 04:26
Last Modified: 30 Sep 2017 04:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item