UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP UNSUR CERITA MELALUI PENGGUNAAN PANGGUNG BONEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 3 KEMBANGAN

ANGGI JATAYU, SEPTIANA (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP UNSUR CERITA MELALUI PENGGUNAAN PANGGUNG BONEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 3 KEMBANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB III - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN - SEPTIANA ANGGI JATAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Peningkatan Pemahaman Terhadap Unsur Cerita Melalui Penggunaan Panggung Boneka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 3 Kembangan . Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah model pembelajaran menggunakan panggung boneka dapat meningkatkan kemampuan sis wa dalam mengidentifikasi unsur cerita? , Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1). Untuk mendeskripsikan model pembelajaran Bahasa Ind onesia kompetensi dasar , mengidentifikasi unsur cerita melalui panggung boneka, (2) meningkatkan ketrampilan siswa terhadap identifikasi unsur cerita melalui permainan panggung boneka, (3) menganalisis dampak penggunaan panggung boneka terhadap minat belaj ar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD N 3 Kembangan kelas V dengan jumlah 14 siswa, terdiri dari 9 laki -laki dan 5 perempuan. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Tiap siklus memiliki ta hapan- tahapan berupa perencanaan ( planning ), pelaksanaan ( acting ), pengamatan ( observing) , dan refleksi ( reflecting ). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diperoleh suatu peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil perolehan nilai rata -rata akti vitas siswa pada siklus I sebesar 77,6 meningkat pada siklus II menjadi 85,9 meningkat sebanyak 8,3 poin. Kemudian, nilai rata -rata hasil belajar siswa juga mengalami kenaikan dari siklus I sebesar 68,07 atau 57,1 % menjadi 87,64 atau 92,9% pada siklus II dan mendapatkan kriteria tuntas. Dengan demikian hasil belajar dan aktivitas dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa p enggunaan panggung boneka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi unsur cerita dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Kembangan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Bp. Drs.H. Kuntoro,M.Hum 2. Dra. Siti Fathonah,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pemaman unsur cerita, panggung boneka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:14
Last Modified: 19 Jan 2017 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item