PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 RAWALO

MAULANA,, MOHAMAD ITMAM (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IDEAL Problem Solving terhadap berpikir kreatif dan percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rawalo tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 3 variabel, yaitu variabel bebas berupa IDEAL Problem Solving dan variabel terikat berupa berpikir kreatif dan percaya diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rawalo yang berjumlah 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau sampel kelompok yaitu cara pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelompok kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba post test dan angket. Dari hasil post test diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen 75,86 dan nilai rata kelas kontrol 65,65 dan hasil angket diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,79 dan kelas kontrol 64,96. Hasil analsis uji hipotesis menunjukan bahwa dengan 0,05 diperoleh hasil 0,007 untuk post test dan 0,005 untuk angket, maka dapat disimpulan bahwa model pembelajaran IDEAL Problem Solving berpengaruh terhadap berpikir kreatif dan percaya diri siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si
Uncontrolled Keywords: IDEAL Problem Solving , Berpikir Kreatif, Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2017 04:20
Last Modified: 30 Sep 2017 04:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item