UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V MIMUHAMMADIYAH SIDABOWA

ROBBANI, YUSUF INSAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V MIMUHAMMADIYAH SIDABOWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
YUSUF INSAN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUSUF INSAN BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUSUF INSAN BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
YUSUF INSAN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
YUSUF INSAN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
YUSUF INSAN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
YUSUF INSAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
YUSUF INSAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap rasa ingin tahu peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Sidabowa sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar IPA. Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA pada materi bumi dan alam semesta sub materi peristiwa alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Sidabowa dengan jumlah peserta didik laki-laki 10 dan perempuan 7. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masingmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi pendidik dan peserta didik, lembar evaluasi dan skala sikap untuk peserta didik. hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-ratasikap rasa ingin tahu 2,5 dengan kriteria baik, dan persentase ketuntasan belajar 62,75% dengan kriteria baik dan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan rata-rata sikap rasa ingin tahu 3,52 dengan kriteria baik sekali dan persentase ketuntasan belajar 88,38 dengan kriteria baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA kelas V MI Muhammadiyah Sidabowa materi bumi dan alam semesta sub materi peristiwa alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto M.Pd., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Rasa Ingin Tahu; Prestasi Belajar; IPA; Model Pembelajaran Berbasis Masalah;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:08
Last Modified: 27 Sep 2017 03:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item