PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI TEKNIK PEMESINAN 3 SMK NEGERI 2 PURWOKERTO

WIDYAWATI, RINA (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI TEKNIK PEMESINAN 3 SMK NEGERI 2 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL Rina.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Rina.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Rina.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
BAB III Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB IV Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
BAB V Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Rina.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN Rina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model Cooperative Learning tipe diskusi kelompok dalam pembelajaran sejarah kelas XI teknik pemesinan 3 SMK Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan kolaborasi dengan guru , dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan 3 SMK Negeri 2 Purwokerto yang berjumlah 32 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu untuk satu kali pertemuan adalah selama 2 x 45 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket respon, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 5 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Dalam pelaksanaanya, siswa yang berjumlah 32 tersebut dibagi menjadi 8 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 anggota kelompok. Kelompok tersebut dituntut untuk dapat memecahkan masalah sesuai dengan 6 unsur berpikir kritis yaitu interpretasi, analisi, evaluasi, penjelasan, dan pengaturan diri. Hasil dari penelitian ini yaitu, kemampuan berpikir kritis siswa dengan model cooperative learning tipe diskusi kelompok kelas XI teknik pemesinan 3 SMK Negeri 2 Purwokerto meningkat di setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tanto Sukardi M.Hum., dan Asep Daud Kosasih M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Cooperative Learning, Diskusi Kelompok
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:52
Last Modified: 18 Oct 2016 03:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item