PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ADOBE FLASH TEMA KERAJINAN TANGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 PAGERAJI

PRAYOGA, RICKY STIADI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ADOBE FLASH TEMA KERAJINAN TANGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RICKY STIADI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RICKY STIADI BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RICKY STIADI BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
RICKY STIADI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
RICKY STIADI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
RICKY STIADI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
RICKY STIADI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
RICKY STIADI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Kendala pembelajaran di kelas rendah dalam pembelajaran tematik tema kerajinan tangan adalah fasilitas penunjang pembelajaran seperti LCD dan pengeras suara yang tidak berfungsi secara maksimal. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran untuk membantu lancarnya proses pembelajaran dalam penggunaan fasilitas, khususnya dalam sikap ilmiah dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis adobe flash terhadap prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa tema kerajinan tangan di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji. Media pembelajaran adalah segala hal di sekitar kita yang dirancang secara sistematis dan melalui perencanaan, serta digunakan untuk menyampaikan pesan sehingga dapat menambah pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Media pembelajaran audio visual dapat lebih menarik perhatian siswa karena terdiri atas berbagai macam gaya belajar siswa, yaitu gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik, karena menggabungkan audio dan visual dalam satu media. Adobe Flash adalah aplikasi multimedia yang tidak hanya digunakan sebagai aplikasi web, melainkan dapat dikembangkan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Tema Kerajinan Tangan terdiri dari pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. Tema ini menerangkan tentang berbagai sumber energi yang berada di lingkungan. Sikap ilmiah merupakan proses pembentukan sikap melalui pembiasaan, yaitu dengan menekankan pada proses peneguhan respon anak. Prestasi belajar siswa merupakan hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam individu sebagian hasil dari aktivitas dalam belajar. Penelitian ini menggunakan bentuk nonequivalent control group dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini yaitu adalah siswa kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji yang telah di uji normalitas dan homogenitas. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan post test, dan sikap ilmiah menggunakan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan telah dianalisis sebelum digunakan penelitian. Penghitungan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil perhitungan prestasi belajar menunjukkan thitung > ttabel atau 3,84 > 1,684 yang berarti Ho ditolak. Jadi media pembelajaran audio visual berbasis adobe flash berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar siswa pada tema kerajinan tangan di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji. Hasil perhitungan sikap ilmiah menunjukkan thitung < ttabel atau 0,8 < 1,684 yang berarti Ho diterima. Jadi media pembelajaran audio visual berbasis adobe flash tidak berpengaruh lebih baik terhadap sikap ilmiah pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash; Media Pembelajaran Audio Visual; Nonequivalent Control Group; Prestasi Belajar; Sikap Ilmiah;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:54
Last Modified: 27 Sep 2017 01:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item View Item