PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENULIS PENGUMUMAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUSPITASARI,, MEILIANA DEWI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENULIS PENGUMUMAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (911kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, menulis merupakan hal yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menulis pengumuman. Menulis pengumuman merupakan salah satu kompetensi dasar menulis yang wajib dikuasai oleh siswa di kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap keterampilan siswa menulis pengumuman. Hal tersebut dilakukan dengan cara membandingkan hasil tes pembelajaran menulis dengan menggunakan media poster dan pembelajaran menulis pengumuman secara konvensional. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pekaja tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sebagai kelompok eksperimen adalah kelas IVA, terdiri dari 22 siswa, sedangkan kelompok kontrol adalah kelas IVB, terdiri dari 21 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh menunjukkan harga uji-t dari nilai post test yaitu thitung > ttabel atau 3,70 > 2,021 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil uji hipotesis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media poster berpengaruh terhadap keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pekaja tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Poster, Keterampilan Menulis, Menulis Pengumuman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 07:27
Last Modified: 26 Sep 2017 07:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item