PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH PASIR KIDUL

ISTIANI,, INDRI (2017) PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH PASIR KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan dan pemanfaatan media pembelajaran kelas V di Muhammadiyah Pasir Kidul. Analisis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Pasir Kidul. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang pengelolaan media pembelajaran di SD Muhammadiyah Pasir Kidul melalui tahap (1) Perencanaan media pembelajaran yang diawali dengan menentukan sumber anggaran yang dibutuhkan, dan petugas pelaksana, (2) Pengadaan media pembelajaran sebagian besar sumbangan atau hibah pemerintah dalam bentuk barang, dan sebagian pengadaan secara mandiri melalui pembelian bertahap, (3) Inventarisasi media pembelajaran belum dilaksanakan sebagaimana mestinya, (4) Pemeliharaan media pembelajaran dilaksanakan secara gotong-royong oleh guru, (5) Penyimpanan media pembelajaran telah diletakan di tempat yang aman, (6) Penghapusan media pembelajaran telah dilakukan apabila terdapat media yang sudah tidak dapat dipergunakan, namun tidak disertai dengan berita acara. Fasilitas media pembelajaran yang bervariasi belum menjamin pemanfaatan media pembelajaran di SD Muhammadiyah Pasir Kidul secara maksimal. Belum maksimalnya pemanfaatan media dikarenakan keterbatasan waktu pembelajaran dan kurangnya kesadaran guru dalam menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,MA.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pemanfaatan, Pengelolaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:32
Last Modified: 26 Sep 2017 06:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item