PERSEPSI GURU MENGENAI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (5 HARI SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR

NURHIDAYATI,, ENI (2017) PERSEPSI GURU MENGENAI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (5 HARI SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi degradasi moral melatarbekakangi pemerintah melakukan revolusi mental terutama pada penguatan karakter. Kebijakan full day school (5 hari sekolah) merupakan gagasan terbaru yang digagas oleh pemerintah Indonesia sebagai suatu bentuk model pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai wacana penerapan program full day school. Partisipan penelitian ini terdiri dari 3 guru yang berasal dari SDN 1 Kranji, SDN 1 Cilongok dan SDN 4 Kotayasa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Validasi penelitian ini dengan membuat deskripsi yang kaya dan padat mengenai hasil penelitian serta menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 partisipan yang diwawancarai, 2 diantaranya menyatakan kurang setuju dengan penerapan full day school dan hanya satu orang yang menyatakan setuju jika full day school dilaksanakan. Adapun persepsi guru mengenai program full day school dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya 1) Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), 2) Kesiapan Siswa, 3) Kesiapan Sekolah, 4) Kesiapan Orang Tua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Karakter, Kebijakan Full Day School, Persepsi Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:39
Last Modified: 26 Sep 2017 05:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item