i UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN DI KELAS IV SD NEGERI KARANGLO

HERDIANA,, ELLA PUPUT (2017) i UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN DI KELAS IV SD NEGERI KARANGLO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan d engan metode pembelajaran Index Card Match berbantu media gambar di kelas IV SD Negeri Karanglo . Hasil ob servasi yang telah dilaksanakan terlihat kurangnya kerja keras siswa apabila siswa diminta untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, siswa ti dak mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, beberapa siswa masih ada yang tidak mengerjakan tugas rumah sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Permasalahan yang ada di kelas IV dan dilihat dari indikator kerja keras hal ters ebut menunjukkan rendahnya sikap kerja keras siswa pada mata pelajaran IPA. Prestasi belajar siswa rendah terlihat dari hasil wawancara dengan guru kelas IV bahwa pada mata pelajaran IPA materi Alat Indera Fungsi dan Pemeliharaannya Semester I masih ada 15 siswa yang tidak tuntas KKM yaitu 70. Peneliti dan guru sepakat untuk menerapkan metode pembelajaran Index Card Match berbantu media gambar. Metode pembelajaran Index Card Match merupakan metode yang menyenangkan, karena siswa dapat belajar sambil bermain , dapat mengatasi kebosanan siswa saat proses pembelajaran dan dapat mengulang kembali materi pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karanglo, dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki - laki dan 11 siswa perempuan. Pene litian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dar i lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar observasi kerja keras siswa dan angket kerja keras siswa. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA menggunakan metode Index Card Match berbantu media gambar dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi b elajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata - rata sikap kerja keras siswa 2,53 dengan kriteria baik dan prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata - rata 71,38 dengan persentase ketuntasan belajar 66,67%. Peningkatan pada siklus II nilai rata - rata sikap kerja keras siswa memperoleh 3,27 dengan kriteria sangat baik dan prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata - rata 77,40 dengan persentase ketuntasan belajar 85,18%. Hasil penelitian yang diperoleh maka da pat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode pembelajaran Index Card Match berbantu media gambar dapat meningkatkan sikap kerja kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan di kela s IV SD Negeri Karanglo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Okto Wijayanti , S.Pd.,M.A .,
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Metode Index Card Match, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:57
Last Modified: 26 Sep 2017 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item