STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

SEVYANA,, DIKA (2017) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sedang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini yaitu adanya kemerosotan moral pada anak. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mendapatkan gambaran tentang strategi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program yang dikembangkan sekolah dalam strategi penguatan pendidikan karakter peserta didik dan pengelolaan program tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami sekolah dalam strategi penguatan pendidikan karakter dan upaya sekolah untuk mengatasi hambatan dalam penguatan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara pada bulan April sampai dengan bulan Juni 2017. Narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator klub ar- rasyad, guru kelas lima, dan guru kelas dua. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumen. Aktivitas yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu terdiri dari proses reduksi data, display data, dan triangulasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, sekolah talah menerapkan pendidikan karakter melalui program kegiatan sekolah bagi peserta didik sebagai upaya untuk penguatan pendidikan karakter baik dalam kegiatan kurikuler maupun dalam kegiatan ko kurikuler dan ekstrakurikulernya. Hambatan yang ada di sekolah yaitu masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai nilai minimum akademik, penerapan character building peserta didik masih terkendala karena adanya lingkungan peserta didik yang masih kurang mendukung dala m pencapaian pendidikan karakter. Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi hambatan yang ada yaitu memberikan program remidial, lembar cek list sebagai rundown kegiatan harian peserta didik, dan kegiatan parenting sebagai kegiatan sharing terkait ketercapaian peserta didik antara guru dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Penguatan, Pendidikan Karakter, Program, Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:12
Last Modified: 26 Sep 2017 01:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item