PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PETA BUDAYA BERBASIS PENGETAHUAN BUDAYA BANYUMASAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

MAULIDA,, ANNISA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PETA BUDAYA BERBASIS PENGETAHUAN BUDAYA BANYUMASAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran monopoli peta budaya sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler Nguri-Uri Budaya Banyumasan. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) . Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran monopoli peta budaya berbasis pengetahuan kebudayaan di kelas IV; 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran monopoli peta budaya berbasis pengetahuan kebudayaan di kelas IV; 3) mengetahui validasi media pembelajaran monopoli peta budaya berbasis pen getahuan kebudayaan di kelas IV; 4) mengetahui respon guru terhadap penggunaan media monopoli peta budaya berbasis pengetahuan kebudayaan di kelas IV; 5) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media monopoli peta budaya berbasis pengetahuan kebudayaan di kelas IV; 6) mengetahui pengaruh pemanfaatan media monopoli peta budaya terhadap pengetahuan kebudayaan di kelas IV. 7) mengetahui kelayakan media monopoli peta budaya berbasis pengetahuan kebudayaan di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes, sedangkan teknik tes yang diberikan berupa pretest dan postest . Tenkik nontes yang diberikan berupa angket. Hal tersebut dapat dilihat dari rata -rata hasil validasi ahli media yaitu 4,7 dengan kriteria penilaian sangat valid dan validasi materi yaitu 4,3 dengan kriteria penilaian sangat valid. Hasil lainnya adalah respon guru dan siswa yang sangat valid dibuktikan dengan rata-rata respon guru 4,67 dan respon siswa 4,59

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kegiatan ekstrakurikuler, media pembelajaran monopoli peta budaya,penelitian dan pengembanga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 00:33
Last Modified: 26 Sep 2017 00:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item