UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AYAT AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH LEBAKSIU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NURFADILA, NISFU (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AYAT AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH LEBAKSIU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NISFU NURFADILA_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kompetensi dasar memahami ayat Al- Qur’an melalui metode drill siswa kelas VII A SMP muhammadiyah Lebaksiu Tegal semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal Semester genap tahun pelajaran 2015/2016 Metode pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase.. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan tindakan mulai dari siklus 1 ke siklus II terdapat hasil yang positif dari setiap siklusya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata lembar tes pada setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah nilai diperoleh 1.704 dengan hasil nilai rata-rata 71. Maka dari hasil pengamatan membuktikan bahwa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Karena nilai yang diperoleh tergolong kurang mencukupi, oleh karena itu perlu dilaksanakan langkah berikutnya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Langkah berikutnya yaitu siklus II dengan jumlah nilai 2.063 dengan nilai rata-rata 86. Ketuntasan belajar siswa tersebut menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran PAI yaitu 78. maka pada Siklus I ke siklus II hasil pengamatan yang dilakukan melalui lembar tes membuktikan bahwa siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil yang diperoleh sudah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal dan sudah cukup memuaskan maka pelaksanaan penelitian tindakan dihentikan, cukup pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Makhful M.Ag
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Prestasi Belajar dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:36
Last Modified: 18 Jan 2017 01:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item