UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V SD NEGERI 1 PERNASIDI

SETIANINGRUM, INTAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V SD NEGERI 1 PERNASIDI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB III_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB IV_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sikap tanggung jawab dan prestasi belajar yang dimiliki siswa kelas V SD Negeri 1 Penasidi rendah. Rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Pernasidi menunjukan adanya indikasi terhadap rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa, hal ini diketahui pada saat observasi terhadap guru menunjukan bahwa terdapat siswa yang mencontek hasil pekerjaan temannya, apabila diberikan tugas tidak langsung dikerjakan, serta tidak melaksanakan tugas piket secara teratur. Hasil yang diperoleh pada saat observasi terhadap pembelajaran tahun 2015/2016 juga menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajar IPA karena 50% dari jumlah kesuluruhan siswa kelas V masih belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minumum, padahal KKM yang ditetapkan hanya 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya dengan menggunakan metode discovery learning di kelas V SD Negeri 1 Pernasidi. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode discovery learning akan mengakibatkan peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam memecahkah masalahnya sendiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pernasidi yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan unuk memperoleh data sikap tanggung jawab yaitu dengan menggunakan lembar angket, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sikap tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,49 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh ketuntasan belajar sebesar 55,55%. Hasil penelitian sikap tanggung jawab siswa pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,26 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,88%. Sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA menggunakan metode discovery learning pada siklus I ke siklus II dapat meningkat karena siswa sudah dapat menyelesaikan tugas yang dibegikan guru secara mandiri dan tepat waktu. Peran serta aktif dalam mengajukan usulan saat kegiatan penemuan membuat siswa dapat melakukan penemuan sendiri, analisis sendiri serta menyimpulkan sendiri atas hasil temuannya terhadap permasalahan yang belum dipahami. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, IPA, Prestasi, Tanggung Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:47
Last Modified: 20 Sep 2017 02:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item