UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCL E BERBANTUAN APLIKASI CABRI 3D DIKELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG

RIZQI MUJI PRISNAINI, (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCL E BERBANTUAN APLIKASI CABRI 3D DIKELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RIZQI- COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZQI- BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZQI- BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZQI- BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZQI- BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
RIZQI- BAB V.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZQI- BAB -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
RIZQI- BAB - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar dengan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan aplikasi Cabri 3D di SMP Muhammadiyah Ajibarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Muhamadiyah Ajibarang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan yaitu 2 jam pada pertemuan pertama untuk menyampaikan materi, 2 jam pada pertemuan kedua untuk menyampaikan materi kemudian 1 jam terakhir untuk tes evaluasi. Setiap siklus dalam penelitian ini dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi dan tes kemampuan spasial matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan spasial siswa siklus I diperoleh nilai rata -rata 67,50, siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,06 dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 85,00. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Learning Cycle berbantuan aplikasi Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah Ajibarang khususnya pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes kemampuan spasial siswa setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Drs. JokoPurwanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial, model Learning Cycle , Cabri 3D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:54
Last Modified: 19 Sep 2017 02:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item