PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP SE-GUGUS KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

PINTA TIKASARI, (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP SE-GUGUS KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB III.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
PINTA TIKASARI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
PINTA TIKASARI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
PINTA TIKASARI- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

VIII ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di SMP se -gugus Kutasari Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan peserta didik di SMP se-gugus Kutasari Purbalingga yang terdiri dari SMP Negeri 1 Kutasari, SMP Negeri 2 Kutasari, SMP Negeri 3 Kutasari, dan SMP Negeri 4 Kutasari . Validitas data men ggunakan perpanjangan observasi atau pengamatan, triangulasi, bahan referensi, dan member check. Sedangkan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pembelajaran PK n dapat mengembangkan karakter religius peserta didik di antaranya beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kejujuran, toleransi antar dan antara umat beragama dengan disisipkan nilai -nilai religius disetiap pembelajaran kepada peserta didik berupa nasihat dan motivasi dari guru. Guru juga mengaitkan karakter religius dengan materi -materi pembelajaran seperti pada pembahasan sikap positif terhadap Pancasila, mengenai norma -norma, korupsi, dan Hak Asasi Manusia. Metode pembelajaran yang digunakan pada materi ters ebut berupa ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan pembelajaran nilai. Media yang digunakan yaitu gambar dan video. Evaluasinya untuk akhlak mulia dan kejujuran berdasarkan aspek afektif peserta didik dilihat dari perilakunya, kejujurannya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1.Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M,2.Eko Priyanto, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: PKn, Karakter religius , Peserta Didik .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:38
Last Modified: 19 Sep 2017 02:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item