i PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERAS I SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 2 LIMPAKUWUS

IMELDA APRILIA, (2017) i PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERAS I SEKOLAH GUNA MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA SISWA DI SD NEGERI 2 LIMPAKUWUS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IMELDA APRILIA - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMELDA APRILIA - BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMELDA APRILIA - BAB II.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMELDA APRILIA - BAB III.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
IMELDA APRILIA - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
IMELDA APRILIA - BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
IMELDA APRILIA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
IMELDA APRILIA - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya minat membaca siswa disebabkan adanya beberapa alasan diantaranya rendahnya keterampilan membaca siswa yang kurang, banyaknya jenis hiburan, games, dan tayangan TV yang dapat mengalihkan perhatian anak dari buku bacaan dan sistem pembelajaran di Indonesia belum membuat siswa harus membaca buku. Pemerintah menggagasGerakan literasi sekolah guna memperbaiki minat baca siswa.Untuk mengetahui pelaksanaanya, peneliti melakukan penelitian tentang Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Membaca di SDN 2 Limpakuwus.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi.Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga mengamati perencanaan gerakan literasi sekolah mencakup sarana perpustakaan dan bahan bacaan dan mengamati keterlibatan guru, ke pala sekolah, dan orang tua dalam pelaksanaan literasi serta kendala- kendala yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum pelaksanaan program gerakan lietarasi sekolah (GLS) telah terlaksana dengan baik.Sebagian besar perencanaan sudah dilakukan, dengan pelaksanaan kegiatan ini terbukti menumbuhkan minat baca siswa. Kendala yang dialami dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) adalah kondisi perpustakaan yang masih butuh pengembangan, koleksi buku yang lama, jumlah buku bacaan yang terbatas dan kurangnya penggerak literasi ini. Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah diantaranya dengan memanfaatkan buku bacaan yang ada dengan semaksimal mungkin dan terus menerus memberikan motivasi kepada siswa. Saran yang diberikan peneliti untuk sekolah yaitu diharapkan kegiatan ini terus berjalan, karena kegiatan ini berperan penting dalam proses pembelajaran. Serta menjadi acuan untuk mengevaluasi kegiatan literasi ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Supriyatna , M.Pd 2. Dr. Sriyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Budaya Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 19 Sep 2017 00:15
Last Modified: 19 Sep 2017 00:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item