PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH MELALUI MEDIA FLASHCARD DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KARANGLO

SETYAJI, MELA AYU (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH MELALUI MEDIA FLASHCARD DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KARANGLO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MELA AYU COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MELA AYU BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MELA AYU BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
MELA AYU BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
MELA AYU BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
MELA AYU BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
MELA AYU DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
MELA AYU LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui strategi pembelajaran index card match menggunakan media flashcard. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karanglo yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, baik lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, wawancara terhadap siswa dan lembar evaluasi, data hasil prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi yang dilaksanakan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,83 dan pada siklus ke II diperoleh rata-rata 2,95 dengan kenaikan 0,12 pada setiap siklusnya dan termasuk criteria baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,62 dengan ketuntasan belajar 63,6 %, dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 73,89 dengan ketuntasan belajar 80,95 % dengan kesimpulan prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 17,35%. Dengan demikian sikap tanggungjawab dan prestasi belajar IPS dapat meningkat dengan strategi pembelajaran index card match.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap TanggungJawab; Prestasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Strategi index card match; Media Flashcard;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:15
Last Modified: 18 Sep 2017 04:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item