PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

AZIZ, FIKRI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FIKRI AZIZ COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIKRI AZIZ BAB I.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIKRI AZIZ BAB II.pdf

Download (970kB) | Preview
[img] Text
FIKRI AZIZ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
FIKRI AZIZ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FIKRI AZIZ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
FIKRI AZIZ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text
FIKRI AZIZ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular Tangga akan membuat siswa ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga suasana pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar hendaknya membuka keaktifan siswa secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Apakah model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular Tangga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempengaruhi kemampuan berbicara siswa; 2) Apakah model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular Tangga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempengaruhi keaktifan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar , sedangkan sampelnya adalah siswa dari kelas V A yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol dan V B yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket, dan test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus independent sample t-tes (uji t pihak kanan). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung> t tabel yaitu 2,402 > 2,028, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model Advance Organizer berbantu media Ular Tangga terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai nilai t hitung> t tabel atau 6,057 > 2,028 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran menggunakan model Advance Organizer berbantu media Ular Tangga terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran model Advance Organizer berbantu media Ular Tangga berpengaruh terhadap keaktifan dan kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D, dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: model Advance Organizer; media Ular Tangga; Bahasa Indonesia;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:07
Last Modified: 18 Sep 2017 01:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item