UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE TALKING CHIPS DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PATIKRAJA

NURLITA, RAVIKA DWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE TALKING CHIPS DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Talking Chips. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Patikraja yang terdiri dari 19 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dari tanggal 9 Mei 2017 sampai dengan 24 Mei 2017 diperoleh hasil yaitu sikap percaya diri siswa pada silkus I memperoleh nilai rata-rata 3,43 dengan persentase 68,6% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 4,25 dengan persentase 84,5%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63,15 dengan presentase 63% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 88,42 dengan presentase 88%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPS, Talking Chips
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Sep 2017 03:22
Last Modified: 16 Sep 2017 03:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item