PENINGKATAN SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI VCT GEJALA KONTINUM DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGTENGAH

SARI, ENGGAR KARTIKA (2017) PENINGKATAN SIKAP MENGHARGAI PENDAPAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI VCT GEJALA KONTINUM DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Enggar Kartika Sari_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Enggar Kartika Sari_BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Enggar Kartika Sari_BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
Enggar Kartika Sari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text
Enggar Kartika Sari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Enggar Kartika Sari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
Enggar Kartika Sari_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
Enggar Kartika Sari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan sikap menghargai pendapat dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi menghargai keputusan bersama menggunakan teknik VCT Gejala Kontinum di kelas V SD Negeri 2 Karangtengah. Pembelajaran dengan teknik VCT Gejala Kontinum merupakan pembelajaran yang didalamnya terdapat proses menganalisis sebuah nilai melalui adu argumentasi dan penggoyahan pendirian siswa, baik guru maupun siswa lain dengan mengisi pernyataan-pernyataan pada daftar gejala kontinum. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 April 2017 sampai dengan tanggal 24 Mei 2017. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yaitu dengan soal evaluasi dan non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket skala sikap menghargai pendapat, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peingkatan sikap menghargai pendapat dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi mengargai keputusan bersama di kelas V SD Negeri 2 Karangtengah. Hasil skala sikap menghargai pendapat siklus I diperoleh skor rata-rata 2,86 dan siklus II skor rata-rata 3,17, terlihat adanya peningkatan sikap menghargai pendapat. Hasil pada tes evaluasi siklus I diperoleh dengan ketuntasan belajar 66,66 % dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 78,78 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemebelajaran menggunakan teknik VCT Gejala kontinum dapat meningkatkan sikap menghargai pendapat dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan materi menghargai keputusan bersama di kelas V SD Negeri 2 Karangtengah Kecamatan Karangtenagah Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Menghargai Pendapat, Prestasi Belajar, Teknik VCT Gejala Kontinum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Sep 2017 02:32
Last Modified: 16 Sep 2017 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item