UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MATERI PEMILU DAN PILKADA MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS V SD NEGERI 2 TUMANGGAL

RUKMANA, LIA ARDI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MATERI PEMILU DAN PILKADA MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS V SD NEGERI 2 TUMANGGAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LIA ARDI RUKMANA_PGSD'16.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
LIA ARDI RUKMANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Materi Pemilu Dan Pilkada Melalui Metode Simulasi Di Kelas V SD Negeri 2 Tumanggal Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Subyek dalam penelitian adalah Siswa kelas V Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 27 siswa. Proses penelitian terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan lembar soal evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada kegiatan evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 77,5 yang mendapat nilai tuntas 21 siswa dengan ketuntasan 77,7%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat lagi menjadi 87,03 dengan ketuntasan 92,5%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh persentase nilai rata-rata siklus I sebesar 64,21% dan siklus II sebesar 78,4%. Nilai siswa meningkat karena dalam proses pembelajaran Pemilu dan Pilkada sudah menggunakan metode simulasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Negeri 2 Tumanggal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:52
Last Modified: 16 Jan 2017 04:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item