PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA KARTU SOAL MATERI GEOMETRI DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG

ALBANA, HASAN (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA KARTU SOAL MATERI GEOMETRI DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB III_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
BAB IV_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa materi geometri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantu media kartu soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pasirmuncang yang berjumlah 13 siswa. Terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes, angket percaya diri, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada materi geometri. Hal tersebut dapat dibuktikan percaya diri ditandai dengan meningkatnya hasil angket percaya diri dari siklus I ke siklus II. Siklus I jumlah skor 459 dan rata-rata 3,53 dengan kriteria percaya diri baik dan siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah skor 552,5 dan rata-rata 4,25 dengan kriteria percaya diri sangat baik. Prestasi belajar dibuktikan dengan naiknya ratarata dan persentase ketuntasan evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai ratarata siklus I yaitu 72,84 dan ketuntasan klasikal 69,23% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,46 dan ketuntasan klasikal 84,61%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Sep 2017 00:01
Last Modified: 16 Sep 2017 00:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item