MENINGKATKAN SIKAP PE RCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD N 1 BANYUMUDAL

HIDAYAT,, WAHYU (2017) MENINGKATKAN SIKAP PE RCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD N 1 BANYUMUDAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sikap percaya diri siswa yang rendah ditunjukk an dengan rendahnya kemampuan untuk berpendapat serta minimnya partisipasi siswa di kelas. Sedangkan prestasi belajar siswa yang rendah ditunjukkan dengan tingginya jumlah siswa yang belum t untas dalam pembelajaran PKn dengan nilai KKM 75. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe T hink Pair Share . Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Subjek PTK adalah siswa Kelas IV SD N 1 Banyumudal Kecamatan Buayan yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki -laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 ( dua ) siklus. Masing -masing siklus terdiri dari dua pertemuan denga n masing -masing pertemua satu r encana pembelajaran. Penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan pada siklus I pertemuan I berupa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan materi pembelajaran misi kebudayaan internasional. Pertemuan ke I I membahas mengenai kebudayaan Indonesia yang mendunia. Tahap siklus ke II pertemuan ke I membahas mengenai kebudayaaan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Pertemuan II membahas mengenai kebudayaan di Indonesia yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan sikap percaya diri siswa pada siklus I sebesar 3,00 dengan kriteria cukup baik, meningkat pada siklus ke II menjadi 4,30 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunju k kan dengan peningkatan ketuntasan belajar den gan presentase sebesar 42,68% menjadi 81,5% dengan ketuntasan belajar minimal 80%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn materi Globalisasi di k elas IV SD N 1 Banyumudal Kecamatan Buayan, Kebumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andrian, M.Pd., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri, prestasi belajar, Think Pair Share, dan PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:15
Last Modified: 15 Sep 2017 07:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item