UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT MELALUI METODE MIND MAPPING DAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV S EKOLAH D ASAR

WIJAYA,, PANGGIH (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT MELALUI METODE MIND MAPPING DAN MEDIA VISUAL DI KELAS IV S EKOLAH D ASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bentuk tindakan untuk membentuk manusia dimana aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dikembangkan. Pendidikan dikaitkan sebagai bentuk aktifitas belajar mengajar yang terdapat guru dan siswa serta interaksi yang terjadi didalamnya. Identifikasi masalah yang ditemukan diantaranya berupa rendahnya sikap komunikatif siswa dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap komunikatif dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode Mind Mapping dan media visual, karen a masih kurangnya sikap komunikatif siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas yang dibuktikan dengan adanya siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Gumingsir yang berjumlah 11 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu evaluasi tertulis untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada setiap akhir pertemuan, dan skala sikap untuk mengetahui sikap komunikatif siswa pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap komunikatif pada siklus I yaitu rata-rata 2,8 dan pada siklus II memperoleh rata- rata 3,3 sedangkan nilai rata-rata evaluasi siswa siklus I yaitu 75,9 dengan presentasi ke tuntasan yaitu 72,7%, sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh yaitu 85,23 dengan presentase ketuntasan mencapai 90,9%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Sikap Komunikatif, IPA, Metode Mind Mapping dan Media Visual, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:02
Last Modified: 15 Sep 2017 07:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4137

Actions (login required)

View Item View Item