PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS TINGGI SD N 1 SIDARATA

HIDAYAT,, DEDE LUTFI (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS TINGGI SD N 1 SIDARATA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pertama dan paling utama yang diberikan kepada peserta didik adalah dari orang tua. Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari perubahan perilaku peserta didik dari buruk menjadi baik, dari baik menjadi lebih baik. Tinggi rendahnya prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pengasuhan dari orang tua yang berbeda- beda akan mengakibatkan peserta didik memiliki karakter yang beragam. Pola asuh yang diterapkan orang tua juga dapat mengakibatkan perbedaan kebiasaan yang dimiliki peserta didik. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap peserta didik diperoleh fakta bahwa peserta didik belajar ketika akan ada ulangan atau ujian saja. Kondisi tersebut diakibatkan karena kurangnya kontrol dan pengawasan dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata. (2) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata. (3) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto . Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 78 peserta didik. Ukuran sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik atau sebanyak 84,61% dari jumlah sampel yang ditentukan dengan rumus Taro Yamane, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik simple random sampling , dengan sampel 30 peserta didik laki-laki dan 36 peserta didik perempuan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi 0,05, dengan hasil sebagai berikut: hipotesis pertama diperoleh F hitung sebesar 55,69 > 3,99 (F tabel ) dengan demikian H 0 ditolak. Pada hipotesis kedua diperoleh F hitung sebesar 63,53 > 3,99 (F tabel ) dengan demikian H 0 ditolak. Pada hipotesis ketiga diperoleh F hitung sebesar 56 > 3,15 (F tabel ) dengan demikian H 0 ditolak. Hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan kontribusi sebesar 46,24%. (2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan kontribusi sebesar 50,41%. (3) terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan kontribusi sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., dan Dhi Bramasta, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belaja r.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 15 Sep 2017 00:33
Last Modified: 15 Sep 2017 00:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item